0 comments

Kamera Mainan dari Kardus Bekas


Rencana bikin kamera mainan ini dari beberapa bulan lalu tapi baru bisa terlaksana sekarang hehe. Pinginnya kalau udah jadi mau dikasikan anak saya tapi ko ya sayang ya, takut rusak.

Kamera ini ga ringan lho, tapi ga terlalu berat juga sih. Maksudnya gimana? dalaman kamera saya isi dengan sobekan-sobekan kecil dari koran bekas. Kalau ringan dan "kopong" pasti penyet dan ga kokoh saat penempelan felt.

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:
  1. Kardus bekas (ukuran kecil)
  2. Tas kresek bekas (warna hitam)
  3. Kertas koran bekas
  4. Tali bekas kartu identitas
  5. Tutup botol bekas
  6. Pin bekas
  7. Kain felt
  8. Tali rajut
  9. kancing baju
  10. Kertas kotak susu bekas 
Alat-alatnya:
  1. Lem tembak
  2. Gunting
Kira-kira begini proses pembuatan kamera mainan dari kardus bekas ini: isikan sobekan koran ke dalam kardus. Gunting felt secukupnya untuk bagian depan dan belakang. Lalu tempel setiap benda ke masing-masing bagian yang sudah ditentukan menggunakan lem tembak. Mudah bukan??

Semoga bisa memberikan inspirasi :)

0 comments

Mainan Pancingan Magnet

Ide awal pembuatan mainan ini adalah untuk mainan cenna, anak saya. Bahan utama dari benda-benda yang ada di sekitar kita, dan tentu saja, masih memanfaatkan barang bekas.

Benda yang saya maksud adalah tutup botol bekas sambal, potongan kertas warna-warni, tali rajut, dan koran bekas. Untuk magnet saya kebetulan memakai yang baru hasil pemberian teman saya :)

Bagaimana magnet tersebut bisa melekat pada kertas? Sederhana saja, saya memberikan stapler pada setiap potongan kertas. Akan lebih baikjika setiap stapler pada kertas tersebut diganti dengan kawat supaya tidak membahayakan bagi si kecil saat asyik main. Ok, noted!



0 comments

Anyaman Keranjang Serbaguna dari Koran Bekas

Sepertinya ini pengalaman pertama saya menganyam dari kertas koran. Terakhir itu kalo nggak salah saat masih duduk di bangku SD. Tuh! berapa tahun gak nganyam lagi. #malesngitung

Sebenarnya tidak terlalu sulit prosesnya, cuma membutuhkan ketelatenan saja. Kendati ukurannya tidak terlalu besar maka proses pembuatannya juga tidak terlalu makan banyak waktu.

Satu keranjang ini kira-kira membutuhkan sekitar 8-12 halaman koran. Lumayan lho, bisa mengurangi tumpukan koran di rumah hehe.


0 comments

Boneka Tangan dari Kotak Susu Bekas

Barangkali teman-teman ga ada bahan cerita buat mendongengi si kecil boneka tangan dari kotak susu bekas ini mungkin bisa jadi alternatifnya.

Cara bikinnya mudah ko. Berikut ini adalah alat dan bahannya:

  1. Kotak susu bekas UHT 250gr
  2. Kardus susu bekas atau kardus lainnya
  3. Isolasi
  4. Cat air
  5. Air
  6. Kuas
  7. Lem tembak

Kira-kira begini tahapannya:

  • Potong bagian tengah kotak susu bekas, jangan sampai dihabiskan ya hehe
  • Buat pola kepala, misal singa
  • Gunting pola tersebut menjadi dua bagian dan rekatkan mulut pas di bagian potongan kardus tadi
  • Buat gambar pada pola tersebut dan diwarnai
  • Masukkan kertas pada bagian mulut dan tambahkan bentuk lidah lalu direkatkan



Boneka tangan siap dimainkan. Mudah bukan? selamat mencoba

0 comments

Kotak Koin dari Kertas Koran Bekas

Masih berhubungan dengan dunia kertas nih. Kali ini saya coba eksperimen dengan kertas koran bekas. Pada umumnya crafter memanfaatkan kertas koran bekas untuk disulap menjadi frame, tempat tisu, dsb.

Namun saya berbeda untuk saat ini. Saya membuatnya menjadi kotak koin. Eh tapi bisa juga buat nyimpen cotton bud sih hehe. Tergantung si pemakainya aja

Proses pembuatannya dimulai dari sekumpulan koran yang saya linting sedemikian rupa lalu dilem di bagian sisinya untuk direkatkan dengan lintingan koran lainnya. Proses pembuatannya berapa lama? saya ga ngitung hehe, karena bikinnya kalo pas nemu waktu luang aja.

Foto ini diambil dari kamera ponsel kemudian diedit dengan software Picasa. Tampak dramatis bin oldies bukan?


0 comments

Mainan Tank dari Kertas Bekas

Pernah saya lihat koran bekas dipilin atau istilah lainnya dilinting kemudian menjadi kotak sampah. "Wah kreatif benar", dalam pikir saya.

Kalau koran bisa jadi kayak gitu berarti kertas tabloid juga bisa dong. Penasaran dengan ide tersebut saya kemudian mencari waktu luang untuk mempraktikannya. Saya mau bikin mainan tank!

Kertas demi kertas saya pilin dan saya bentuk satu per satu. Pertama kali saya bikin bagian rodanya sebanyak empat buah, lalu dilapisi dengan kertas lagi. Setelah dirasa hasilnya cukup saya buat lagi di sisi lain.

Untuk bagian badan saya buat pipih aja sedangkan untuk bagian atas bentuk lintingnya juga tidak beda jauh dengan bagian roda. Hanya saja dia lebih kecil dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Begitu jadi dan dirasa cukup layak untuk dipajang saya memberanikan diri (lagi) untuk mengirimkannya ke Monthly challengenya Indonesian Crafter. Setelah dipublish di album alhamdulillah banyak yang suka dengan karya ini.

Berikut ini adalah hasilnya.


0 comments

Lampu Tidur dari Kotak Susu Bekas

Sayang sekali jika kotak susu dibuang begitu saja. Kotak tersebut kemudian saya sulap menjadi kotak lampu tidur. Supaya temaram pada kotaknya saya berikan kain putih dan berhiaskan daun-daunan.


Memang sih agak ribet pas bikinnya karena setelah kertas kalkir digambar kemudian dipotong pake cutter kertas tersebut harus disisipkan rapi di antara frame dan kain tersebut.

Saya belum berani menjamin keamanannya karena bahannya dari kertas. Tapi secara visual saya puas melihatnya. Kalau diproduksi massal dan diganti bahannya mungkin jadi produk yang mempunyai nilai lebih ya? ahahaha, boleh dong ngimpi gituan...

Buat yang minat dibuatin colek aja saya, nanti konsepnya kita atur bersama :)